Ternate adalah sebuah Kota Pulau yang memiliki daya tarik estetika alam yang luar biasa, ketika memandang kearah barat maupun timur menyuguhkan keindahan Ternate yang sesungguhnya,  belum lagi bentangan pulau-pulau sebagai penjaga pintu masuk Kota

Ternate baik arah utara dengan Pulau Hiri dan arah selatan dengan Pulau Maitara, fisik kotanya yang masih terlihat indah dan terjaga dengan baik. Laut yang jernih dengan pesona alam dan lautan yang indah dibibir pantai sebagai spot wisata laut maupun wisata alam yang masih terjaga hingga saat ini memberikan daya tarik tersendiri kini dan nanti.

Kondisiikota Ternate 2016-2021

Haji Bur
Walikota Ternate 2016-2021

 

Ternate termasuk salah satu Kota tertua di dunia. Karena Kota ini telah ada sebelum abad pertengahan dan menjadi pusat imperium islam terbesar di Indonesia Timur, sekaligus sebagai Kota perdagangan dan pusat pemerintahan. Kelahirannya tanggal 29 Desember 1250 dengan jumlah silsilah para raja yang kini bertahta ke 48 semakin membuktikan Ternate sebagai Kota Tua yang memiliki peran politik, geografis, strategis, ekonomi dan keamanan.

Sebagai Kota Tua, betapa stratetigsnya Kota Ternate diantara 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara, diantaranya Ternate sebagai gerbang utama aktivitas ekonomi dan investasi tertinggi di Maluku Utara, Kota dengan aktivitas tranportasi massal lengkap di Provinsi Maluku Utara, Kota dengani fasilitas pendidikan secara berjenjang lengkap di Provinsi Maluku Utara, Kota dengan fasilitas infrastruktur pusat-pusat perdagangan modern dan layanan jasa terlengkap di Provinsi Maluku Utara. Potensi yang dimiliki Kota Ternate dengan berbagai keunggulan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Maluku Utara maupun di luar Maluku Utara untuk menggantungkan hidupnya di Kota Ternate sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam menata pembangunan Kota Ternate.

Kota dengan jumlah penduduk sebanyak 220.147 orang menjadikan Kota Ternate sebagai Kota Sedang, tentu memiliki dinamika permasalahan pembangunan yang beragam baik Pengendalian pertumbuhan penduduk, Keterbatasan lahan, Ketidakseimbangan pertumbuhan kota, Pengendalian ruang, Pertumbuhan sector informal yang tidak terkendali, dan Ketersediaan lapangan kerja yang terbatas. Kompleksitas permasalahan perkotaan itulah kemudian menjadi isu yang dijabarkan dalam Visi – Misi Walikota Ternate 2016 – 2021 yang dikenal “ BAHARI BERKESAN”. 

Visi – Misi Walikota Ternate 2016 – 2021 kemudian di implementasikan dalam kebijakan program dan kegiatan yang tentu akan dinilai capaiannya berdasarkan visi yang telah ditetapkan, untuk itu berikut ini akan dijabarkan visi “ BAHARI BERKESAN “ sebagai berikut :

  • Visi Berbudaya

Implementasi Visi Berbudaya telah dicapai diantaranya :

  • Terbentuknya Dinas Kebudayaan melalui Perda No 19 Tahun 2018

Hadirnya Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan sangat berkorelasi dengan pembentukan Dinas Kebudayaan, dimana Ternate memiliki potensi kearifan local adat seatoran yang terlindungi dan terpelihara hingga saat ini dengan baik. Begitu banyaknya nilai dan norma kearifan local yang hidup dalam masyarakat maka dibutuhkan kelembagaan formil yang menjembatani tugas Pemerintah dan Masyarakat dari aspek pemajuan kebudayaan.

  • Revitalisasi Benteng Orange

Revitaslisasi Benteng Orange memiliki tantangan tersendiri dengan interval yang cukup panjang. Bagaimana seorang Dr, Hi.Burhan Abdurahman, SH. MM, membangun koordinasi lintas sector untuk merelokasi TNI dan POLRI dan bagaimana upaya menata Benteng pasca relokasi. Dengan semangat dan intensitas koordinasi akhirnya membuahkan hasil dapat merelokasi TNI dan POLRI, serta para pedagang sekaligus menata Benteng Orange yang saat ini menjadi ruang public dan dsetinasi wisata yang representative.

  • Pelestarian Budaya yang tertuang dalam Pokok Pikiran Pemajuan Kebudayaan

Pembentukan Dinas Kebudayaan sekaligus menyusun Dokumen Pokok-Pokok Pikiran Pemajuan Kebudayaan sebagai kiblat memajukan kebudayaan Kota Ternate.

  • Fsetival – Fsetival
  • Festival Benteng Orange
  • Festival Legu Gam
  • Festival Ela – Ela
  1. Bantuan Operasional Museum Ternate

Museum merupakan representase gambaran sejarah perjalanan kehidupan manusia serta peninggalannya yang dijadikan koleksi sebagai bahan edukasi dan informasi bagi masyarakat terhadap sejarah dimasa lalu. Olehnya itu museum menjadi bagian penting yang perlu dikembangkan dan dipelihara agar menjadi catatan tersendiri bagi kehidupan masa lalu sejarah keberadaan Ternate.

  • Visi Agamais

Implementasi visi agamais dijabarkan dalam beberapa capaian diantaranya :

  • Penyediaan Insentif Para Imam dan Pengelola TPQ

Implementasi visi agamais salah satu yang dilakukan adalah penyediaan insentif bagi para imam dan pengelola TPQ/Guru Ngaji sebanyak 727 org, sebagai sebuah penghargaan atas jasa yang telah mereka ajarkan kepada santri/santriyawan yang diberikan setiap tahunnya.

  • Kurikulum Baca Tulis Alquran melalui Program Diniyah

Kurikulum baca tulis Alqur’an adalah merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Ternate untuk mengajarkan anak-anak setingkat SD untuk mampu membaca Alqur’an melalui program Diniyah yang tersebar di 99 SD dalam wilayah Kota Ternate sejak tahun 2016-2021.

  • Wisudah Santri/Santriyawan Baca Tulis Alqur’an

Disamping dengan program BTA juga diikuti dengan Wisudah hingga saat sudah mencapai 27.858 Org yang telah diwisudah, ini adalah bagian dari implementasi Visi Agamais sejak 2016 – 2021.

  • Pendampingan Haviz Qura’an

Berikutnya adalah program pendampingan Haviz Qura’an, hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan kepada santri/santriyawan Haviz Qur’an dalam membumikan Alqura’an bagi generasi saat ini maupun akan datang agar menjadi generasi yang berakhlak baik bagi daerah ini. Hingga saat ini penghafal Alqur’an mencapai 79 org.

  • Program Umhroh Gratis Tokoh Agama, Masyarakat dan Adat.

Program ini dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap tokoh agama, masyarakat serta tokoh adat atas pengabdiannya dilingkungan dan masyarakat. Sampai saat ini sudah memberangkatkan Umroh gratis sebanyak 50 Org.

  • Program Perjalanan Ibadah Gratis bagi Pengurus Gereja ke Yerusalem

Program ini adalah bagian dari implementasi membangun semangat peribadatan bagi pengurus Gereja melalui perjalanan rohani sebagai bentuk peribadatan mereka, dan sudah 26 org yang telah diberangkatkan.

 

  • Visi Harmonis

Visi Harmonis dijabarkan dalam bentuk membangun harmonisasi kehidupan bermasyarakat diantaranya melalui kegiatan seperti :

  1. Festival Harmoni Ternate dalam Hari Jadi Ternate : Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan, toleransi dan silaturahim dalam menjaga keutuhan kerukunan umat beragama, menjaga heterogen kesukuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  2. Impelementasi visi Ternate Harmoni juga diwujudkan melalui pola kemitraan dengan instansi vertical diantaranya terbangunnya Kantor Kejaksaan Negeri Ternate, Pembangunan Kantor Polsek Tengah, Penyediaan Lahan Pembangunan Kantor Ditlantas Polda Maluku Utara dan  peningkatan hubungan kemitraan dengan stakeholders serta instansi vertical lainnya.
  3. Forum Kerukunan Umat Beragama : Forum ini berperan menangkal radikalisme keagamaan yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama dan mengkedepankan toleransi. Capaian visi ini tergambar dalam Indeks Kerukunan Umat beragama.
  • Visi Mandiri

Visi Mandiri tercermin pada tumbuhnya sector jasa dan perdagangan diantaranya :

“ Ketersediaan fasilitas jasa dan perdagangan dan pusat-pusat perbelanjaan modern baik swasta maupun pemerintah merupakan yang terlengkap di Provinsi Maluku Utara, seperti terbangunnya Pasar Higienes dan Pasar lainnya di kawasan strategis Gamalama, Pasar Sabi-Sabi, Pasar Dufa-Dufa, Pasar Sariah Sasa dan beberapa Ruko serta Plaza Gamalama. Pada tahun 2020 kontribusi sector swasta melalui investasi Alfamidi dan Indomaret. Kondisi ini menggambarkan bahwa Kota Ternate adalah Kota cepat tumbuh yang berpengaruh terhadap tumbuhnya PDRB setiap tahunnya. Capaian ini merupakan bagian dari upaya implementasi Visi Ternate menjadi Kota Mandiri”.

 

  • Visi Berkeadilan
  1. Bantuan Operasional Sekolah Daerah

Penyedian Dana BOSDA merupakan Komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk menjamin akses pemerataan pendidikan baik ditingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Implementasi Bosda dituangkan dalam bentuk Pendidikan murah, terjangkau dan berkualitas sesuai dengan 10 program prioritas.Disamping membuka akses juga memiliki peran untuk menekan angka putus sekolah serta capaian indicator pendidikan lainnya.

  1. Layanan Kesehatan Murah, Terjangkau dan Berkualitas

Sama halnya dengan bidang pendidikan, implementasi layanan kesehatan murah, terjangkau dan berkualitas adalah merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk mengratiskan layanan kesehatan tingkat Puskesmas, Penyediaan Jaminan Kesehatan Daerah serta pendampingan pasien rujukan. Saat ini akses terhadap penyediaan jaminan kesehatan daerah (jamkesda) sebanyak 12.752 orang, sedangkan penyediaan pendampingan pasien rujukan sebanyak 11.793 orang.

  1. Penataan Infrastruktur Dasar

Upaya Pemerintah Kota Ternate untuk meningkatkan kesejahteraan dilakukan melalui penataan infrastruktur seperti pembukaan akses jalan Ngade Sone yang terkoneksi dengan baik terhadap pusat kota maupun pusat layanan public, jalan hotmiks lingkar Pulau Hiri dan Pulau Moti. Pembukaan akses jalan ini adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan dan peningkatan distribusi barang untuk menggairahkan ekonomi masyarakat.

  • Visi Berwawasan Lingkungan

Implementasi visi berwawasan lingkungan diantaranya :

  • Terbangunnya Pedesterian. 

Terbangunnya pedestrian adalah bagian dari komitmen Pemerintah Kota Ternate dalam menjaga keseimbangan ruang yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat, pedesterian berfungsi sebagai jalur pejalan kaki dan ruang terbuka hijau untuk kepentingan resapan air sekaligus menjamin kualitas udara, juga menambah nilai estetika ruang kota. Oleh karena itu dalam setiap tahunnya Pemerintah Kota Ternate secara bertahap menata Jalur Pedesterian pada titik yang dianggap strategis yaitu Taman Nukila, Pantai Falajawa, dan Pedesterian Stadion.

  • Terbangunnya Ruang Publik 

Terbangunnya ruang public adalah bagian dari implementasi Visi Berwawasan Lingkungan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam berkespresi maupun berinovasi serta berdukasi. Pemanfaatan ruang public sangat dibutuhkan dalam sebuah kota oleh karena itu Pemerintah Kota Ternate memanfaatkan ruang-ruang tertentu dan strategis seperti halnya Land Mark, Taman Fitnes, Taman Nukila, Taman I Love Ternate, dan Taman Kalumata.

Hasil kolaborasi dengan satker melalui dana APBN yang terbangun saat ini antara lain penataan Benteng Orange, Taman Toboko, Penataan Lapangan Salero dan Penataan Kawasan Dufa-Dufa Pantai.

 

CAPAIAN KONDISI MAKRO EKONOMI KOTA TERNATE

2011 S/D 2020

 

Dinamika perkembangan pembangunan Kota Ternate tidak terlepas dari ketercapaian pembangunan makro ekonomi. Capaian kinerja pembangunan makro ekonomi dilihat dari beberapa aspek diantaranya Pertumbuhan ekonomi, PDRB atas harga berlaku dan PDRB Perkapita , Inflasi, Kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia. Gambaran terhadap capaian Makro Ekonomi tahun 2011 s/d 2020 sebagai berikut :

  1. Capaian Pertumbuhan Ekonomi periode 2011 s/d 2020 mengalami fluktuatif, capaian tertinggi terjadi pada tahun 2011 dengan capaian sebesar 9,65% sedangkan terrendah terjadi pada tahun 2020 sebesar 7,07% penurunan ini akibat dari merebaknya Covid 19 yang berdampak terhadap semua sector termasuk sector ekonomi. Sedangkan periode 2012 s/d 2019 menunjukan trend positif walaupun bersifat fluktuatif. Pertumbuhan ekonomi ini dinilai dari pertumbuhan PDRB berdasarkan harga konstan.
  2. Capaian PDRB Perkapita periode 2011 s/d 2020 mengalami peningkatan, pada tahun 2011 capaian PDRB perkapita hanya mencapai 21,71 juta rupiah tetapi periode 2012 s/d 2019 mengalami peningkatan diatas rata –rata 1,8 s/d 3,05% dan capaian tertinggi terjadi pada tahun 2019 sebesar 46,13 juta rupiah, pada tahun 2020 trend PDRB perkapita masih positif walaupun ditengah pandemic Covid 19 yaitu 45,38 juta rupiah.
  3. Capaian tingkat Inflasi periode 2011 s/d 2020 mengalami fluktuatif, pada tahun 2011 s/d 2012 inflasi masih baik berada pada kisaran 3 – 4%, angka tertinggi terjadi pada tahun 2013 – 2014 menembus angka 9,78 – 9,34% sedangkan terrendah terjadi pada tahun 2016 – 2017 yaitu sebesar 1,91 – 1,97% sedangkan tahun 2020 berada pada angka yang positif yaitu 2,13% capaian inilah Kota Ternate memperoleh penghargaan pengendalain Inflasi terbaik.
  4. Capaian Indeks Kemiskinan merupakan bagian dari capaian makro ekonomi, capaian indeks kemiskinan periode 2011 s/d 2020 mengalami penurunan, capaian tingkat kemiskinan terrendah terjadi pada tahun 2016 yaitu sebesar 2,67%, capaian ini meletakan Kota Ternate masuk urutan ke –III kemiskinan terrendah di Indonesia setelah Kota Tangeran Selatan, sedangkan tertinggi terjadi ditahun 2011 yaitu sebesar 5,16%. Namun penurunan kemiskinan ini masih terbaik di Provinsi Maluku Utara bahkan Indonesia Bagian Timur.
  5. Capaian Indeks Pembangunan Manusia juga mengalami peningkatan pada periode 2011 s/d 2020 terus mengalami peningkatan pada tahun 2011 berada pada angka 75,52% sedangkan capaian tertinggi terjadi pada tahun 2019 yaitu 80,03% merupakan tertinggi di Provinsi Maluku Utara bahkan melebihi target nasional, sedangkan data tahun 2020 belum dirilis.
  6. Capaian kinerja ketenagakerjaan salah satunya adalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) periode 2011 – 2020 mengalami fluktuatif, capaian tertinggi terjadi tahun 2011 dan 2014 yaitu 8,27 – 8,72 sedangkan terrendah terjadi pada tahun 2013 yaitu 4,73%. Pada tahun 2020 masih cukup baik berada pada angka 5,8% turun 1,74% dari tahun 2019, padahal dimasa pandemic covid 19.
  7. Capaian PDRB harga berlaku periode 2011 – 2020 mengalami peningkatan, pada tahun 2011 capaian PDRB harga berlaku sebesar 4,12 triliun sedangkan pada tahun 2020 mencapai 10,8 triliun rupiah. Kondisi ini menunjukan bahwa pembangunan ekonomi Kota Ternate menjadi indicator pertumbuhan ekonomi Maluku Utara.  

Dimasa jabatan walikota DR.H.Burhan Abdurahman meresmikan Plasa Gamalama Moderen,Sporthall dan Rumah Sakit Umum Ternate

Bagikan

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *