Home ยป Perbedaan Suara Burung Kacer Masteran dan Burung Kacer Biasa

Perbedaan Suara Burung Kacer Masteran dan Burung Kacer Biasa

Siapa yang tidak mengenal burung Kacer? Jenis burung satu ini memiliki kemampuan pandai berkicau. Suara Kacer bahkan menjadi indikator harga jual burung ini. Namun, ada perbedaan suara burung Kacer masteran dan burung Kacer biasa. Pernah dengar apa itu burung Kacer masteran?

Masteran merupakan salah satu teknik dalam perawatan burung Kacer. Teknik perawatan ini bertujuan untuk melatih suara Kacer agar lebih merdu dan menghasilkan bunyi yang bermacam-macam. Seperti apa itu masteran? Apa bedanya Kacer masteran dengan yang biasa? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut seperti yang dilansir dari kacer.co.id.

Apa Itu Kacer Masteran?

Sebelum mengetahui perbedaan suara burung Kacer masteran dan burung Kacer biasa, ketahui terlebih dahulu apa itu Kacer masteran. Jadi, Kacer masteran merujuk pada burung Kacer yang sudah dilatih menggunakan teknik masteran. Teknik ini umumnya dipraktikkan oleh pemilik yang ingin mengikutsertakan burungnya ke kompetisi kicau.

Masteran adalah teknik melatih burung dengan memperdengarkan suara kicauan burung lain agar Kacer dapat bersuara baik. Sebenarnya, masteran umumnya menggunakan burung lain asli. Namun kini dengan adanya perkembangan teknologi, banyak pemilik yang hanya menggunakan pemutar mp3 saja.

Cara melakukan masteran adalah dengan menyandingkan burung lain atau pemutar mp3 dengan burung Kacer. Meskipun terdengar mudah, untuk melakukan masteran diperlukan teknik khusus. Salah satunya adalah mengenali karakter suara burung Kacer terlebih dahulu.

Mengenali karakter suara burung Kacer dapat membantu untuk menentukan suara masteran yang diperlukan. Keduanya harus cocok dan satu frekuensi. Hindari untuk memberikan masteran burung Kacer dengan suara burung yang ngebas. Ini justru dapat menghilangkan karakter suara dari Kacer.

Selain itu, masteran juga bagus dilakukan saat burung Kacer sedang tidak aktif berkicau. Pada saat Kacer tidak aktif bersuara, Kacer bisa lebih fokus dan merekam kicauan dari masteran. Jika Kacer tidak kunjung aktif ikut berbunyi, pemilik bisa mengubah-ubah posisi antara masteran dan Kacer. 

Perbedaan Suara Kacer Masteran dengan Kacer Biasa

Lalu, apa perbedaan suara burung Kacer masteran dan biasa? Perbedaannya terdapat pada variasi suara yang bisa dibunyikan oleh Kacer. Burung Kacer yang sudah terlatih dengan berbagai masteran, mampu menguasai banyak variasi suara. Alhasil suara dari Kacer masteran lebih bervariasi.

Selain memiliki kicauan yang bervariasi, Kacer masteran cenderung lebih terlatih dan memiliki kemampuan fokus yang baik. Dibandingkan dengan Kacer biasa, burung yang sudah dilatih masteran lebih mudah untuk mengembangkan suaranya karena sudah terbiasa belajar fokus.

Di luar itu semua, harga dari kedua jenis Kacer tersebut juga pasti berbeda. Burung Kacer masteran mampu mengikuti kompetisi kicau burung. Ini membuatnya memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Belum lagi jika burung Kacer mampu memenangkan kompetisinya. Harga pasarannya bisa cukup tinggi berkali-kali lipat dari harga Kacer biasa.

Itulah ulasan mengenai apa itu masteran serta perbedaan suara burung Kacer masteran dan burung Kacer biasa. Tertarik untuk mulai melatih burung Kacer dengan masteran? Pastikan untuk menemukan masteran yang berkualitas untuk menghasilkan suara yang bagus, ya!

Leave a Comment